Sabtu, 17 September 2016

Ciri-ciri Pemutih Wajah yang Palsu & Berbahaya

Kebanyakan wanita menginginkan memiliki wajah yang putih dan bersih. Untuk mendapatkannya, sebagian besar memilih menggunakan produk pemutih wajah tanpa pikir panjang. Padahal produk kosmetik atau pemutih wajah yang abal-abal tentu malah membuat wajah menjadi tidak karuan, karena tidak semua obat pemutih wajah terbuat dari bahan yang aman dan bebas bahan kimia berbahaya. Tentu kamu tidak mau kalau itu terjadi pada wajahmu, kan? Untuk itu kamu perlu tahu perbedaan antara pemutih wajah yang aman dan tidak.



Banyak bahaya yang bisa ditimbulkan krim pemutih wajah yang abal-abal, seperti terjadinya kerusakan kulit permanen, kerusakan sistem saraf, gagal ginjal, kerusakan otak, dan bahkan timbulnya kanker. Nah untuk menghindari hal-hal tersebut, mari kita cari tahu ciri produk pemutih wajah yang palsu dan berbahaya:

1. Tidak terlihat nomor izin BPOM
Salah satu ciri utama produk pemutih wajah yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya adalah tidak memiliki izin BPOM. Maka dari itu kamu patut waspada jika melihat krim pemutih wajah yang kamu pakai tidak terlihat nomor izin BPOM-nya. Lebih baik lagi, cek situs resmi BPOM untuk memastikan apakah produk yang kamu pakai aman atau tidak.

2. Warnanya mengkilap
Jika warna krim pemutih wajah yang kamu beli mengkilap dan mencolok, berhati-hatilah. Krim pemutih palsu biasanya mengkilap karena menggunakan bahan perwarna yang sebenarnya ditujukan untuk industri dan berbahaya jika dipakai pada kulit.

3. Teksturnya kasar dan lengket
Krim pemutih wajah yang palsu biasanya memiliki tekstur yang kasar karena pencampuran bahan-bahan yang dipakai dilakukan secara asal-asalan dan tidak tercampur secara sempurna/merata. Jika digunakan juga akan terasa lengket di kulit dan kasar karena bahan pencampurnya adalah bedak.

4. Tercium bau logam
Hindari produk pemutih wajah yang kamu gunakan jika aroma yang ketara adalah aroma logam (atau parfum yang menyengat untuk menutupi bau logam tersebut), karena sudah dapat dipastikan terdapat banyak bahan berbahaya di dalamnya.

5. Terasa panas dan perih saat digunakan
Bahan berbahaya yang digunakan sebagai komposisi produk pemutih palsu dapat menimbulkan reaksi rasa panas dan perih ketika digunakan di kulit. Reaksi lainnya adalah rasa gatal disertai kulit yang memerah, terlebih lagi saat terpapar sinar mentari.

6. Kulit menjadi pucat keabu-abuan
Kulit yang diberi produk pemutih berbahaya biasanya akan terlihat putih, tapi lebih ke putih pucat dan sedikit keabu-abuan. Bisa juga wajah menjadi putih, tapi juga terlihat urat-urat di wajah yang disebabkan karena penipisan lapisan kulit wajah. Produk pemutih seperti itu tidak adakan dapat memberikan kulit putih yang cerah dan segar alami.

7. Menimbulkan ketergantungan.
Kulit wajah yang menggunakan produk pemutih dengan bahan berbahaya akan mengalami efek ketergantungan jika pemakaiannya sampai dihentikan. Ketergantungan tersebut biasanya terlihat sebagai kulit wajah kembali gelap dan kusam saat krim tidak lagi digunakan.

Jadi itu dia ciri-ciri produk pemutih wajah berbahaya yang harus kamu hindari. Jangan lupa untuk share artikel ini jika bermanfaat buat kamu yaaa :)


Kalau kamu masih bingung atau khawatir, kamu bisa cek di website ini untuk produk-produk yang aman kamu gunakan: hanakoskin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar